Perkembangan Mesin Pendingin dari Masa ke Masa

31 Aug 2020

Berbicara mengenai sejarah mesin pendingin, ternyata untuk menjadi sesempurna saat ini, telah melalui beberapa tahapan, lho ARTUGO Family.

Pada tahun 1784, seorang ilmuwan Skolandia bernama William Cullen dari Glasgow University, untuk pertama kali mencoba merancang sebuah alat pendingin. Ia yang merupakan seorang ahli kimia, fisika dan bidang kedokteran menyadari bahwa bahan makanan yang didinginkan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri.

Pengembangannya ini kemudian diperbaharui oleh Oliver Evans tahun 1805, yang mencoba melakukan pendinginan bukan dengan cairan, namun dengan uap. Tidak berhenti sampai di situ, Jacob Perkins, seorang fisikawan dan juga mechanical engineer yang juga berasal dari Amerika, menyempurnakannya lagi dengan membuat sebuah pendingin berbentuk mesin di tahun 1834. Ia menggabungkan eter dan tekanan uap air untuk menghasilkan pendinginan, dan hal tersebut ternyata berhasil.

Kesadaran akan pentingnya mesin pendingin dalam kehidupan sehari-hari nyatanya memang dirasakan banyak orang.

Dalam dunia medis, mesin pendingin yang dikembangkan oleh John Gorrie ternyata pernah menyelamatkan nyawa para penderita demam kuning atau yellow fever, yang mewabah di wilayah Amerika tahun 1844. Fungsi mesin pendingin saat itu untuk menghasilkan es agar dapat mendinginkan udara. Sebelum aman digunakan seperti pada masa sekarang ini, mesin pendingin juga pernah melewati masa-masa terburuknya. Mesin pendingin yang dikembangkan oleh Carl von Linden tahun 1876 pernah dianggap berhasil. Ia memanfaatkan zat-zat kimia seperti amonia, sulfur dioksida sebagai alat dan bahan dalam proses pembekuan membekukan air. Namun sayangnya, hal tersebut berbahaya.

Pada era 1920-an, mesin pendingin yang menggunakan freon atau CFC berhasil dikembangkan. Namun lagi-lagi, freon dianggap dapat merusak lapisan ozon. Untuk itu dibutuhkan pengembangan lanjutan sampai akhirnya ditemukan Hydro Fluoro Carbon (HFC) yang diklaim lebih ramah lingkungan dan banyak digunakan untuk mesin pendingin hingga saat ini.

Fitur, fungsi dan bentuk dari mesin pendingin saat ini semakin banyak. Chest freezer, display cooler dan showcase cooler merupakan hasil pengembangan sempurna dari mesin pendingin ya telah ada. Kapasitas yang ditawarkan juga semakin beragam. Bukan hanya untuk mendinginkan, tapi juga membekukan. Dapat menunjang kebutuhan sehari-hari, kegiatan bisnis dan usaha, bahkan berguna di dunia medis dan kedokteran. Anda bisa menemukan beragam mesin pendingin yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti Chest Freezer, Display Cooler hingga Showcase Cooler dari ARTUGO.

Selain berkualitas, mesin pendingin dari ARTUGO juga memiliki beragam kapasitas, dan dilengkapi beragam fitur unggulan yang siap menjadi penunjang kebutuhan.

Soal layanan purnajual juga tidak perlu khawatir. Dengan sistem berbasis digital yang dinamakan dengan Service Trifecta, memudahkan pengguna produk-produk ARTUGO untuk melakukan pendaftaran produk, klaim garansi, hingga mengecek sejauh mana proses perbaikan produk dilakukan. Jaminan lain seperti 7 Days Solution juga menjadi salah satu nilai tambah agar pengguna produk ARTUGO tidak perlu merasa cemas.

Jadi, tentukan produk ARTUGO yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk menghubungi ARTUGO via WhatsApp di nomor +62 877 8440 1818 atau email di care@artugo.co.id untuk mengetahui informasi seputar produk dan layanan yang kami tawarkan.

Ikuti juga ARTUGO di sosial media seperti Instagram: @artugooficial | Facebook Fan Page: ARTUGO Indonesia | Twitter: @ARTUGOofficial | YouTube: ARTUGO Official | LinkedIn: PT Kreasi Arduo Indonesia (ARTUGO) dan jangan lupa untuk terus mengunjungi www.artugo.co.id.

ARTUGO #ArtYourGoal

Great Product, Excellent Service

#BestPartnerforEveryone